Apa yang menarik dari kota Bandar Lampung? Mari Kita Bahas ! - Yuheto

Apa yang menarik dari kota Bandar Lampung? Mari Kita Bahas !

Bandar Lampung merupakan bunda kota provinsi Lampung serta ialah kota terbanyak di daerah tersebut. Terletak di pesisir barat Pulau Sumatera, Bandar Lampung mempunyai beberapa tempat wisata menarik, semacam Tepi laut Mutun, Tepi laut Pahawang, serta Pulau Pahawang. Tidak hanya itu, kota ini pula populer dengan taman- taman yang luas semacam Halaman Kupu- Kupu Gita Persada serta Halaman Wisata Alam Punti Kayu.

Apa yang menarik dari kota Bandar Lampung? Mari Kita Bahas !



Bandar Lampung pula jadi pusat perdagangan serta bisnis di daerah Sumatera bagian selatan. Beberapa industri besar serta pusat perbelanjaan bisa ditemui di kota ini. Tidak hanya itu, Bandar Lampung pula memiliki beberapa institusi pembelajaran serta pusat studi.

Kota ini pula mempunyai bermacam- macam kuliner khas wilayah semacam sate bandeng, ketan durian, serta pempek yang bisa ditemukan di bermacam tempat. Oleh sebab itu, Bandar Lampung bisa jadi destinasi yang menarik untuk para turis yang mau menikmati alam, budaya, dan wisata kuliner di Sumatera bagian selatan.

Baca Juga : Viral, Pemuda Kritik Kota Lampung

Berikut merupakan sebagian tempat wisata yang bisa didatangi di Bandar Lampung:

Tepi laut Mutun:

Terletak dekat 30 kilometer dari pusat kota, tepi laut ini memiliki panorama alam yang indah serta air laut yang jernih. Di mari, wisatawan bisa melaksanakan bermacam kegiatan semacam berenang, sangai, ataupun semata- mata bersantai di tepi laut.

Halaman Wisata Alam Punti Kayu:

Halaman yang terletak di kawasan hutan ini memiliki hawa yang sejuk serta atmosfer yang tenang. Ada sebagian sarana semacam arena bermain anak, jogging track, serta camping ground.

Bukit Sakura:

Bukit yang terletak di kawasan hutan ini jadi tempat wisata yang terkenal di Bandar Lampung. Di mari, wisatawan bisa menikmati panorama alam kota dari ketinggian serta pula memandang kebun bunga sakura yang terdapat di dekat bukit.

Lampung Plaza:

Selaku pusat perbelanjaan terbanyak di Bandar Lampung, Lampung Plaza memiliki bermacam toko- toko yang menjual bahan- bahan lokal serta internasional. Tidak hanya itu, di mari pula ada bioskop serta bermacam restoran.

Museum Lampung:

Museum ini memiliki koleksi sejarah serta budaya Lampung yang sangat bermacam- macam. Di mari, wisatawan bisa menekuni tentang kebudayaan serta adat istiadat warga Lampung.

Tepi laut Pahawang:

Terletak di Kabupaten Pesawaran, tepi laut ini memiliki air laut yang sangat jernih serta keanekaragaman biologi yang unik. Wisatawan bisa melaksanakan bermacam kegiatan semacam snorkeling, diving, ataupun semata- mata bersantai di tepi laut.

Halaman Kupu- Kupu Gita Persada:

Halaman yang terletak di jalur Soekarno- Hatta ini memiliki bermacam tipe kupu- kupu yang menarik. Tidak hanya itu, di mari pula ada kolam ikan serta zona bermain anak.

Seperti itu sebagian tempat wisata yang bisa didatangi di Bandar Lampung. Tidak hanya tempat- tempat tersebut, masih banyak tempat wisata yang lain di dekat kota tersebut yang menarik buat didatangi.

Jarak antara Bandar Lampung serta Banda Aceh sangat jauh, dekat 2. 630 km. Ekspedisi darat dari Bandar Lampung ke Banda Aceh hendak memakan waktu dekat 50- 60 jam dengan rute yang melintasi daerah Sumatera. Tetapi, ada opsi transportasi hawa yang bisa mempersingkat waktu ekspedisi jadi dekat 3- 4 jam. Ada sebagian maskapai penerbangan yang melayani rute Bandar Lampung- Banda Aceh dengan transit di Jakarta ataupun Medan.

Jarak antara Bandar Lampung serta Jakarta merupakan dekat 230- 250 km bergantung pada rute yang diseleksi. Ekspedisi darat dari Bandar Lampung ke Jakarta bisa ditempuh lewat jalur tol Trans- Sumatera dengan waktu tempuh dekat 5- 6 jam bergantung pada keadaan kemudian lintas. Tidak hanya itu, ada pula opsi transportasi hawa dengan waktu tempuh dekat 1 jam yang dioperasikan oleh sebagian maskapai penerbangan semacam Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, serta lain- lain.

Dikala ini, Walikota Bandar Lampung merupakan Eva Dwiana, yang berprofesi semenjak 26 Februari 2021 sehabis dilantik oleh Gubernur Lampung. Dia merupakan walikota wanita awal di Kota Bandar Lampung serta lebih dahulu berprofesi selaku Wakil Walikota Bandar Lampung.

Sebagian kejadian yang sempat terjalin di Bandar Lampung antara lain:

Bencana Banjir serta Longsor( 2021):

Pada bulan Maret 2021, Bandar Lampung serta beberapa daerah di Lampung dilanda banjir serta longsor yang menyebabkan kehancuran bangunan, jalur raya, serta sarana universal dan menelan korban jiwa serta kerugian materiil.

Musibah Pesawat Sriwijaya Air SJ- 182( 2021):

Pada bertepatan pada 9 Januari 2021, pesawat Sriwijaya Air SJ- 182 jatuh di perairan Kepulauan Seribu sehabis lepas landas dari Lapangan terbang Internasional Soekarno- Hatta di Jakarta mengarah Pontianak. Segala 62 penumpang serta awak pesawat tewas dalam musibah ini, tercantum sebagian masyarakat Bandar Lampung.

Kerusuhan di Bandar Lampung( 1999):

Pada bulan Mei 1999, terjalin kerusuhan di Bandar Lampung yang berawal dari konflik antara pemuda Lampung dengan masyarakat Bali. Kerusuhan ini menyebabkan 33 orang tewas serta ratusan yang lain terluka serta hadapi kehancuran pada properti serta sarana universal.

Sebagian pejabat yang berasal dari Bandar Lampung antara lain:

Herman H. N. Hidayat: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negeri serta Reformasi Birokrasi dalam Kabinet Indonesia Maju. Dia pula sempat berprofesi selaku Rektor Universitas Lampung serta Gubernur Lampung.

Suharso Monoarfa: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas dalam Kabinet Indonesia Maju. Dia pula sempat berprofesi selaku Menteri Pekerjaan Universal serta Perumahan Rakyat, dan Gubernur Lampung.

Arief Yahya: Mantan Menteri Pariwisata dalam Kabinet Kerja. Dia pula sempat berprofesi selaku Direktur Utama Telkom Indonesia serta CEO Garuda Indonesia.

Rycko Menoza SZP: Aktor serta mantan Bupati Lampung Tengah. Dia pula sempat berprofesi selaku Pimpinan DPD Partai Golkar Provinsi Lampung.

Tengku Erry Nuradi: Mantan Gubernur Lampung yang berprofesi dari 2014 sampai 2019.

Bandar Lampung mempunyai sebagian santapan khas yang pantas dicoba, di antara lain:

Mi Celor: Mi celor merupakan mi khas Lampung yang berkuah kental serta gurih dengan bonus irisan telur, tauge, daun kucai, serta irisan daging ayam ataupun udang.

Kemplang: Kemplang merupakan santapan ringan khas Lampung yang dibuat dari ikan tenggiri ataupun belida yang dicampur dengan tepung sagu, setelah itu diolah dengan metode dipanggang ataupun digoreng.

Peuyeum: Peuyeum merupakan santapan fermentasi dari ketan yang mempunyai rasa manis serta sedikit asam. Peuyeum dapat dimakan langsung ataupun dijadikan bahan bawah dalam pembuatan kue.

Sate Rembiga: Sate Rembiga merupakan sate khas Lombok yang pula terkenal di Bandar Lampung. Sate ini dibuat dari daging sapi yang diiris tipis, setelah itu dibumbui dengan bumbu khas Lombok.

Otak- otak Bandar Lampung: Otak- otak Bandar Lampung dibuat dari ikan tenggiri yang dihaluskan serta dicampur dengan bahan- bahan lain semacam tepung kanji, bawang putih, merica, serta lain sebagainya. Setelah itu adonan tersebut dibungkus dengan daun pisang serta dipanggang sampai matang.

Bakso Sapi Tenau: Bakso Sapi Tenau merupakan bakso khas Bandar Lampung yang dibuat dari daging sapi yang diolah dengan bumbu khas Lampung serta disajikan dengan kuah bening yang gurih. Bakso ini umumnya disajikan dengan mie ataupun nasi.

Seperti itu sebagian santapan khas Bandar Lampung yang pantas dicoba dikala berkunjung ke kota ini.

Bandar Lampung ialah kota yang mempunyai banyak kemampuan wisata semacam tepi laut, bukit, serta web sejarah. Terdapat banyak tempat menarik yang dapat didatangi di Bandar Lampung serta sekitarnya, semacam Tepi laut Mutun, Halaman Hutan Kota Wan Abdul Rachman, Halaman Nasional Way Kambas, Gunung Rajabasa, Puncak Mas, serta lain sebagainya. Tidak hanya itu, kota ini pula populer dengan santapan khasnya semacam peuyeum, kemplang, serta mi celor.

Oleh sebab itu, Bandar Lampung layak didatangi untuk turis yang mau menikmati keelokan alam, kekayaan budaya, serta kuliner khas Sumatera. Tetapi, saat sebelum berkunjung, yakinkan buat mencermati protokol kesehatan yang berlaku serta menjajaki ketentuan yang diresmikan oleh pemerintah setempat.


Belum ada Komentar untuk "Apa yang menarik dari kota Bandar Lampung? Mari Kita Bahas !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel