Aceh ! Wilayah Yang Membuat Kita Memanjakan Mata - Yuheto

Aceh ! Wilayah Yang Membuat Kita Memanjakan Mata

Aceh ialah salah satu provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Sumatra, Indonesia. Provinsi ini populer dengan keelokan alamnya yang luar biasa, budaya yang kaya, dan sejarah yang unik. Ayo kita bahas lebih perinci menimpa Aceh serta keindahannya.

Aceh ! Wilayah Yang Membuat Kita Memanjakan Mata



Keelokan Alam Aceh

Aceh mempunyai banyak tempat wisata alam yang luar biasa. Salah satu tempat wisata yang populer merupakan Tepi laut Lhoknga. Tepi laut ini terletak dekat 20 kilometer dari pusat kota Banda Aceh. Di mari, kita bisa menikmati panorama tepi laut yang indah dengan pasir putih serta laut biru yang jernih. Tepi laut ini pula ialah tempat yang terkenal buat berselancar.

Tidak hanya itu, Aceh pula mempunyai Halaman Nasional Gunung Leuser, yang ialah tempat yang terkenal buat memandang binatang liar semacam orangutan, harimau, serta gajah. Halaman nasional ini terletak di perbatasan antara Aceh serta Sumatera Utara serta mempunyai luas lebih dari 7. 900 kilometer persegi.

Budaya Aceh Aceh pula populer dengan budayanya yang kaya serta unik.

Salah satu budaya yang populer merupakan tari saman. Tari ini ialah tarian yang dicoba oleh sekelompok laki- laki yang duduk bersila serta menepuk- nepuk tubuh mereka sembari bernyanyi. Tarian ini kerap dipentaskan pada acara- acara adat semacam perkawinan ataupun kegiatan keagamaan.

Tidak hanya itu, Aceh pula populer dengan makanannya yang lezat semacam mie Aceh, nasi goreng Aceh, serta kopi Aceh. Mie Aceh merupakan mie dengan kuah kari yang pedas serta diisi dengan daging sapi ataupun ayam. Nasi goreng Aceh merupakan nasi goreng dengan bumbu khas Aceh yang pedas. Kopi Aceh pula populer dengan rasanya yang khas serta aromanya yang harum.

Sejarah Aceh

Aceh mempunyai sejarah yang panjang serta unik. Pada abad ke- 13, Aceh ialah kerajaan yang kokoh serta mempengaruhi di kawasan Asia Tenggara. Pada masa itu, Aceh ialah pusat perdagangan bumbu yang sangat berarti. Aceh pula jadi pusat penyebaran agama Islam di daerah tersebut.

Sepanjang masa penjajahan Belanda, Aceh ialah wilayah yang sangat susah buat dipahami.

Pada tahun 1873, Belanda menyerbu Aceh serta merangsang perang Aceh yang berlangsung sepanjang lebih dari 3 dekade. Perang ini sangat berdarah serta memakan banyak korban jiwa di kedua belah pihak.

Tetapi, Aceh sukses mencapai kemerdekaannya pada tahun 1949 serta jadi salah satu provinsi di Indonesia. Semenjak itu, Aceh terus tumbuh serta jadi salah satu provinsi yang sangat berarti di Indonesia.

Baca Juga Cerita Lengkapnya : Disini

Aceh, provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Sumatra, Indonesia, sempat hadapi sebagian bencana yang lumayan dahsyat. Berikut ini merupakan sebagian bencana yang sempat terjalin di Aceh:

Gempa Bumi Aceh 2004

Gempa bumi Aceh yang terjalin pada bertepatan pada 26 Desember 2004 ialah salah satu bencana alam yang sangat dahsyat yang sempat terjalin di Indonesia. Gempa bumi ini mempunyai kekuatan 9, 3 skala Richter serta menimbulkan tsunami yang sangat besar yang menghantam tepi laut Aceh. Bencana ini menimbulkan lebih dari 200. 000 orang tewas di Aceh serta Sumatra Utara.

Gempa Bumi Aceh 2016

Gempa bumi Aceh yang terjalin pada bertepatan pada 7 Desember 2016 pula ialah bencana yang lumayan besar. Gempa bumi ini mempunyai kekuatan 6, 5 skala Richter serta terjalin di daerah Pidie Jaya, Aceh. Bencana ini menimbulkan lebih dari 100 orang tewas serta ribuan orang kehabisan rumah serta harta barang.

Banjir Aceh 2006

Banjir yang terjalin di Aceh pada tahun 2006 ialah salah satu bencana yang menimbulkan kehancuran yang lumayan besar. Banjir ini diakibatkan oleh hujan deras yang terus menerus sepanjang sebagian hari serta menimbulkan sebagian sungai di Aceh meluap. Bencana ini menimbulkan kehancuran pada ribuan rumah serta harta barang, dan membunuh lebih dari 100 orang.

Tanah Longsor Aceh 2013

Tanah longsor yang terjalin di Aceh pada tahun 2013 pula ialah salah satu bencana yang lumayan besar. Tanah longsor ini terjalin di daerah Kabupaten Aceh Tengah serta menimbulkan kehancuran pada sebagian rumah serta jalur raya. Bencana ini menimbulkan lebih dari 20 orang tewas serta ratusan orang kehabisan rumah serta harta barang.

Tsunami Aceh 2010

Tsunami Aceh yang terjalin pada bertepatan pada 25 Oktober 2010 ialah bencana yang lumayan besar. Tsunami ini terjalin sebab terdapatnya gempa bumi di Samudra Hindia serta menimbulkan sebagian desa di Aceh terendam air laut. Bencana ini menimbulkan kehancuran pada ribuan rumah serta harta barang, dan membunuh lebih dari 400 orang.

Diketahui selaku wilayah yang kaya hendak budaya serta seni. Tidak heran bila Aceh pula melahirkan banyak artis yang sukses mencapai kesuksesan di kancah nasional apalagi internasional. Berikut merupakan sebagian artis yang berasal dari Aceh serta sukses mencapai popularitas di Indonesia.

Teuku Wisnu

Teuku Wisnu merupakan seseorang aktor, presenter, serta penyanyi yang berasal dari Banda Aceh. Dia mulai diketahui publik kala bermain dalam sinetron" ABG" pada tahun 2008. Semenjak itu, karirnya terus meroket serta dia banyak memperoleh kedudukan di sinetron serta film layar lebar. Tidak hanya itu, Teuku Wisnu pula aktif selaku presenter serta penyanyi.

Raline Shah

Raline Shah merupakan seseorang aktris serta model yang lahir di Jakarta tetapi mempunyai darah Aceh dari si bapak. Dia mengawali karirnya selaku model serta sempat jadi finalis pada ajang Miss Indonesia pada tahun 2008. Tetapi, setelah itu dia lebih memilah buat fokus pada dunia akting serta sukses mencapai popularitas dengan bermain di film- film semacam" 5 Centimeter" serta" Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar".

Cut Meyriska

Cut Meyriska merupakan seseorang aktris yang pula mempunyai darah Aceh dari si bapak. Dia mulai diketahui publik sehabis bermain dalam sinetron" Anak Jalanan" pada tahun 2015. Semenjak itu, dia memperoleh banyak kedudukan di sinetron serta film layar lebar semacam" Rasuk" serta" Kutukan Suster Ngesot".

Nabila Putri

Nabila Gadis merupakan seseorang aktris serta model yang pula berasal dari Aceh. Dia mengawali karirnya selaku model serta sempat jadi finalis pada ajang Miss Indonesia pada tahun 2012. Tetapi, setelah itu dia memutuskan buat berkarir di dunia akting serta sukses mencapai popularitas dengan bermain di sinetron" Surga Yang Tidak Dirindukan" serta" Surga Yang Tidak Dirindukan 2".

Tika Bravani

Tika Bravani merupakan seseorang aktris yang lahir di Jakarta tetapi mempunyai darah Aceh dari si bunda. Dia mengawali karirnya selaku model serta setelah itu bergeser ke dunia akting. Tika sukses mencapai popularitas dengan bermain dalam film" Garuda di Dadaku" pada tahun 2009 serta setelah itu memperoleh banyak kedudukan di film serta sinetron.

Kesimpulan Aceh mempunyai banyak artis yang sukses mencapai popularitas di Indonesia, dari aktor sampai aktris, dari penyanyi sampai model. Mereka meyakinkan kalau Aceh bukan cuma kaya hendak budaya serta seni, tetapi pula melahirkan banyak bakat- bakat hebat yang sukses mencapai kesuksesan di dunia hiburan. Aceh sempat hadapi sebagian bencana yang lumayan besar serta menimbulkan kehancuran yang besar pada daerah tersebut. Tetapi, Aceh pula ialah daerah yang tangguh serta sanggup bangkit dari bencana- bencana tersebut. Senantiasa diingatkan supaya senantiasa waspada serta siap siaga mengalami bencana. Aceh ialah provinsi yang sangat kaya hendak keelokan alam, budaya yang unik, serta sejarah yang panjang.

Belum ada Komentar untuk "Aceh ! Wilayah Yang Membuat Kita Memanjakan Mata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel